COOLPAD SHINE, Spesifikasi dan Harga

Coolpad memasuki global market dengan menghadirkan smartphone berteknologi 4G LTE yang dimuluai dari varian Coolpad F103 STAR, Coolpad E01 SKY dan Coolpad F101 SOAR. Selain hadir dengan teknologi terkini dikelasnya, produk Coolpad juga selalu hadir dengan model yang stylish.Seperti halnya yang baru diluncurkan yaitu Coolpad R106 Shine. Coolpad Shine ini hadir dengan prosesor Octa-Core dan fitur unik yaitu fingerprint. Mau tahu lebih dalam jeroannya?

COOLPAD SHINE


1. Spesifikasi Coolpad Shine

Berikut spesifikasi Coolpad Shine lengkap


Diperkenalkan
Oktober 2015
DIMENSI
140.1 x 68.9 x 8.7 mm
SIM
Dual SIM GSM
JARINGAN
GSM- HSDPA- LTE
LAYAR
5.0", HD 720 x 1280 pixels, ~294ppi
IPS-LCD Capacitive Touchscreen 16M Colors
- Multitouch,
- Fingerprint Sensor 380 degre
- Cool UI
OS
Android v5.1 Lollipop
PROSESSOR
Qualcomm Snapdragon 615, Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU
Adreno 405
RAM
2 GB RAM
MEMORI
Internal 8 GB
microSD (memory eksternal)
INTERNET
4G: LTE Cat4 150.8/51.0 Mbps
3G: HSPA Plus
2G: EDGE,GPRS
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
KONEKTIVITAS
Bluetooth v4.0 A2DP, LE
microUSB v2.0
KAMERA
Depan: 5 MP, F/2.2 Aperture
Belakang: 13 MP
autofocus, LED Flash, Geotagging, Digital Image Stabilization, Face Detection, HDR, Panorama, F/2.0 Aperture, exposure compensation 
FITUR LAIN
Browser HTML5
FM Radio
A-GPS GLONASS
MP4/H.264 player
MP3/WAV/eAAC+/Flac player
BATERAI
Non-Removable Li-Po 2500 mAh
 

2. Desain Coolpad Shine

Coolpad Shine
Coolpad Shine

Coolpad Shine hadir dalam balutan warna emas di bagian depan dan belakangnya (kecuali layar tentunya). Saat digenggam terasa pas, tidak licin meskipun memiliki layar lumayan gede. Perbandingan dimensi dan berat terasa balance. Lekukan ergonomis membuat smartphone satu ini mudah terjangkai jika menggeser tangan ke sudut atau bagian lain dari body.

Casing belakangnya cukup mudah bila dibuka. Bila casing dibuka, akan terlihat penempatan kartu microSIM yang berhadap-hadapan. Ponsel ini menempatkan baterainya menempel pada bodi (unibody). Ponsel ini cukup nyaman digenggaman dengan ketipisan hanya8,6 mm. Anda tidak harus menggunakan dua tangan berkat teknologi fingerprint. (sensor sidik jari 360 derajat).

Tombol power/lock diletakkan di sisi kanan. Seangkan tombol volume diletakkan di sisi kiri. Sisi atas terdapat port audio dan port charging atau data di sisi bawah. Tombol virtual back, home dan recent app diletakkan di bawah terpisah dari layar. Ini embuat ukuran ponsel menjadi lebih panjang. Tampak depan, bagian kanan atas terdapat kamera sekunder. Pada bagian belakang terdapat kamera dan LED flash yang diletakkan di bagian tengah atas dengan fingerprint di bawahnya.


3. Layar Coolpad Shine

layar Coolpad Shine
layar Coolpad Shine
Ponsel yang digadang hadir khusus untuk eksekutif muda ini menggunakan layar dengan resolusi HD (720x1280 piksel) 16 juta warna, sehingga kualitas warna dan gambar cukup menjanjikan. Menggunakan permukaan layarnya tidak licin naun juga tidak terlalu kesat sehingga masih terasa nyaman saat dioperasikan.

Kerapatan layar Coolpad Shine mencapai maksimal ~320 dpi yang tergolong lumayan. Bahkan saat dioperasikan respon layar sentuh dari ponsel ini terlalu sensitif. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman berikutnya seringkali terlalu cepat. Sayangnya pengujian layar multi sentuh menggunakan AnTuTu Tester, hanya didapat hasil 5 sentuhan secara bersamaan.


4. OS dan UI Coolpad Shine


OS Lollipop pada Coolpad Shine
OS Lollipop pada Coolpad Shine
Dengan RAM yang tergolong gede (2GB) wajar bila ponsel ini demikian yakin mengunakan OS terbaaru Android 5.1 Lollipop. Tentu OS ini dipercaya mampu menghadirkan performa yang cukup handal dan hemat baterai.

Penggabungan antara OS lollipop dan Cool UI membuat tampilan layar lebih mudah dalam pengoperasiannya. Tray notofikasi hanya menampilkan notifikasi  serta beberapa tombol virtual yang emmungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitir seperti WiFi, sambungan data operator, rotasi otomatis layar, Bluetooth dan lain sebagainya.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan smart gesture yang emungkinkan pengguna membuat shortcut untuk fungsi-fungsi tertentu.


5. Kinerja Coolpad Shine

Coolpad Shine hadir dengan spesifikasi yang cukup menjanjikan. Lihat saja prosesor Octa-Core yang disandingkan dengan RAM 2 GB. Untuk pengolah grafis ponsel ini juga menggunakan GPU Adreno 405 yang mampu memberikan kinerja dan tampilan yang cukup saat bermain game, browsing, chatting, maupun menonton video.

Coolpad Shine dengan sensor sidik jari 360 derajat yang terletak di belakang bodi ponsel memungkinkan Anda untuk mengaktifkan ponsel ini dari segala arah dan dalam posisi apapun dalam waktu 0,5 detik. Fungsi sensor sidik jari ini, selain untuk membuka kunci layar juga berfungsi sebagai tombol foto kamera, membuka aplikasi dan tombol jawab panggilan masuk.

Hanya saja dukungan internal storage 8 GB memaksa Anda untuk menambahkan kartu microSD. Untuk asupan daya, ponsel ini menggunakan baterai dengan kapasitas 2500 mAh yang saat pengujian mampu bertahan beberapa hari meskipun menggunakan semua konektifitas nirkabel. 

Untuk perhitungan Benchmark digunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan Quadrant Standard. Menggunakan Quadrant Standard didapat angka hanya 19.882. Sedangkan pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark diperoleh angka 36.663 yang tergolong tinggi. Saat pengujian clock core menggunakan CPU-Z, ponsel ini mampu menampilkan 8 core yang bekerja bersamaan. Artiinya Octa-Core yang diharapkan dapat bekerja optimal.


6. Multimedia Coolpad Shine

Untuk urusan multimedia, ponsel ini menyediakan audio video player yang standard bawaan Google. Tapi jangan khawatir, sebab puluhan atau mungkin ratusan aplikasi multimedia dari Google Play dapat Anda tambahkan agar dapat memainkan beragam format file. Aplikasi multimedia lain adalah radio FM. Aplikasi Radio FM ini mendukung RDS tanpa fitur perekaman radio. Selain itu, untuk suara masih ada aplikasi perekam suara.


7. Kamera dan Video Coolpad Shine


kamera Coolpad Shine
kamera Coolpad Shine
Dengan kamera belakang 13 MP (4160x3120) dan kamera depan 5 MP (2592x1944), smartphone ini mencoba memberi lebih dari sisi foto. Hasil pengujian menunjukan kualitas indoor maupun outdoor cuukup menjanjikan. Smartphone ini juga menyediakan fitur tambahan yang disebut kamera Pro.

Dengan fitur Pro ini kualitas foto menjadi lebih baik. Meskippun sebenarnya ponsel ini juga menyediakan fitur HDR. Aplikasi untuk editting foto juga tersedia. Sehingga Anda masih dapat bereksplorasi lebih untuk optimalisasi.

8. Internet dan Konektifitas Coolpad Shine
Coolpad Shine hadir dengan konektifitas 2G, 3G, dan 4G. Selain itu juga ada WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth dan GPS + A-GPS. Untuk internetan, smartphone ini menyediakan Chrome.Pengujian menjelajah dunia web, tidak ditemui kendala dan masalah. Untuk koneksi ke PC, dalam paket penjualan telah disertakan kabel data yang terpisah dengan kabel charger. Pengujian menggunakan Google Maps berjalan lancar termasuk aplikasi navigasi serta fitur tambahannya.


9. Harga Coolpad Shine

Harga Coolpad Shine Rp 2.999.000,- (PULSA Edisi 14-27 Oktober 2015)


10. Kelebihan Coolpad Shine

  • Mendukung 4G
  • Kamera 13 MP+ LED Flash
  • Fitur Fingerprint


11. Kelemahan Coolpad Shine

  • Tanpa NFC
  • Tidak mendukung USB OTG
  • Storage internal hanya 8 GB

12. Pilihan Alternatif

  • Samsung Galaxy A3 DUOS, harga Rp 3.000.000,- (Quad Core 1,3 GHz Qualcomm Snapdragon. RAM 1,5 GB, Kamera 8 & 5 MP, OS KitKat)
  • XiaoMi Mi 4i, harga Rp 2.800.000,- (Quad Core 1,7 GHz, RAM 2 GB, Kamera 13& 5 MP, OS Lollipop)

Demikian tulisan mengenai Coolpad Shine, mulai dari spesifikasi Coolpad Shine sampai harga Coolpad Shine. Semoga bermanfaat....


Sumber:
Sanusi, A.(2015). Coolpad Shine: Teknologi Fingerprint Harga Bersahabat. PULSA Edisi 321 Th XIII/2015/14-27 Oktober


EmoticonEmoticon