Modem Mifi Bolt 4G Vela, Si ramping Tangguh

Modem Bolt 4G Vela - Bolt kembali merilis modem Mifi baru. Modem Mifi buatan Huawei ini punya nomor seri E5578. Nama bekennya Vela. Dalam paket pembeliannya, ada kartu perdana Bolt dengan kuota 8 GB di dalamnya. Namun modem Vela ini tidak terkunci untuk kartu Bolt saja. Vela juga bisa di pasangkan dengan SIM card lainnya. 

    Dari penampakannya, vela cukup ramping. Tampilannya jadi mirip seperti MP3 player. Namun jangan di remehkan dulu. Untuk mengetahui lebih jauh lagi kemampuan modem Mifi ini, ikuti ulasan kami berikut.

Modem Mifi Bolt 4G Vela

Modem Mifi Bolt 4G Vela

1. Desain Modem Mifi Bolt 4G Vela

Modem Bolt 4G Vela

   Modem Mifi ini terbilang ramping nan tipis. Ketebalannya hanya 7 mm. Bahkan bodinya dari kaca. Otomatis, sangat rentan kotor dengan sidik jari. Namun kualitas dan ke awetan produk tampaknya lebih baik daripada modem lain dari bahan plastik. Desainnya unibodi terasa kokoh, dan baterai tidak bisa di copot.

   Dimensi yang kecil membuatnya mudah untuk di masukkan ke saku, tas tangan, bahkan dompet wanita yang panjang sekalipun. Hanya saja desain unibodi, menyisakan pertanyaan. Apakah kualitas baterai modem ini memang baik? penggunaan yang terus menerus membuat baterai modem cepat rusak, apalagi jika dicolokkan ke catu daya dalam waktu yang lama. Tentu ini jadi nilai minus, karena jika baterai rusak, maka otomatis anda harus membeli modem baru. 

    Menyusuri lekukan tubuhnya, di sisi kiri ada lubang reset dan port micro USB. Port micro USB ini tentunya difungsikan untuk mengisi ulang daya baterai atau menyambungkan modem dengan kabel data. Di bagian depan ada layar kecil untuk menampilkan informasi. Di sisi kanan hanya ada tombol power yang berfungsi juga sebagai navigator. Selain itu ada juga slot SIM card yang bisa di buka dengan ejector.


2. User Interface Modem Mifi Bolt 4G Vela

Tampilan tatap muka modem Velai ini cukup sederhana. Hanya ada satu layar di modem ini, oleh karena itu informasinya ditampilkan disatu layar kecil tersebut.

   Tampilan utamanya memberikan informasi mengenai operator yang digunakan. Selain itu di tampilan utama ada informasi mengenai bar sinyal, koneksi, dan bar baterai. Jika tombol power di sisi kanan ditekan sekali, maka akan muncul informasi password modem dan lainnya.

   Navigasinya juga cukup mudah. Hanya dengan mencet tombol power, maka tampilan informasi di layar akan berubah – ubah. Untuk menghidupkan maupun mematikan modem, cukup dengan menekan lama tombol power.


3. Kinerja Modem Mifi Bolt 4G Vela

  Vela bisa dipasangkan dengan 10 perangkat sekaligus. Untungnya, modem ini tidak di kunci untuk kartu perdana Bolt saja. Oleh karena itu bisa dipasangkan dengan kartu perdana operator lainnya. Tidak hanya kartu berbasis CDMA saja, namun juga kartu GSM. 

  Frekuensi 4G yang bisa dicapai mendukung semua operator di Indonesia, baik Smartfren, Bolt, Telkomsel, Indosat, XL, dan Lainnya. Menggunakan Bolt, kami Coba Uji kecepatan internet Modem ini.

Untuk menguji, kami menggunakan dua aplikasi uji kecepatan data internet, yakni speedtest dan Open Signal. Kami menggunakan Perangkat 4G Lenovo Vibe P1 Turbo. Tempat pengujiannya, daerah kebon jeruk Jakarta Barat. 

Berikut ini hasilnya: 
Speedtest      : ping  : 39 ms,
Download     :  1.41 Mbps, Upload  :  1.54 Mbps
Open Signal  :  Latency :  43 ms,
Download     :  837 kbps, Upload  :  513 kbps

Bila kita Aplikasikan dalam keseharian, anda bisa mengunduh aplikasi 15 MB di Play Store kurang dari lima detik. Tentu ini bukan hasil mutlak, karena hasil bisa berbeda-beda tergantung operator yang digunakan, paket internet, daerah tempat pengujian, dan perangkat ponsel yang digunakan.


4. Baterai Modem Mifi Bolt 4G Vela

Baterai modem Vela berkapasitas 1900 mAh. Lebih kecil dibandingkan Baterai Modem Bolt yang lain. Namun perangkat ini memiliki daya tahan baterai yang terbilang tangguh dan tak mengecewakan. Minimal, kami menyambungkan dengan dua perangkat, netbook dan smartphone. Hasilnya Vela mampu bertahan 8 jam lamanya sambil memancarkan WiFi. Untuk pengisian ulangnya juga terbilang cepat, kurang dari 1 jam, untuk mengisi kembali daya baterai Vela secara penuh.


5. Harga Modem Mifi Bolt 4G Vela

   Harga modem Vela yang resmi dijual Rp. 794.000,- memang terbilang mahal. Masih ada banyak modem Bolt lain yang menawarkan harga yang lebih murah. Bahkan pesaing kuat Bolt, smartfren menjual MiFi 4G di harga Rp. 299.000,-. Dari kinerja dan ketahanan baterai.

   Pesaingnya menawarkan daya saing yang lebih baik. Otomatis, Vela hanya menang didesain dan teknologi modem 4G categori 5


PLUS
Ringkas, kompak, materil awet, baterai tangguh, unlock SIM Card

MINUS
Harga Mahal, Baetrai tidak bisa dicopot

Kompetitor
Smartfren Andromax M2s
Sama-sama menjadi MiFi 4G, M2s bisa disambungkan ke dalam 15 perangkat sacara bersamaan. Bandrol harga M2s jauh lebih murah Rp.299.000,-. Baterai bisa lepas.


Kesimpulan

  Modem Vela punya tampilan yang cantik dan daya tahan baterai yang tangguh.  Materialnya yang awet berlapis kaca menjdi nilai tambah. Sayang desainnya unibodi hingga baterainya tidak bisa dicopot dengan mudah. Ini menjadi boomerang jika kualitas baterai yang ditawarkan buruk. Pasalnya pemakaian modem MiFi sangat menyiksa baterai perangkat. Seringkali MiFi disambungkan ke catu daya oleh pengguna terus-menerus hingga beresiko merusak baterai.


EmoticonEmoticon