Review Samsung Galaxy S7 Edge, Desain Manis Kinerja Fantastis

Kelas premium kedatangan produk berkelas yang memang sudah di tunggu kehadirannya. Ya, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Duo Korea ini memang flagship dari Samsung yang menjadi jagoan untuk berjibaku di kelas premium. 

Menggoyang keberadaan iPhone 6s, Lumia 950, dan Sony Xperia Z5 Premium di pasar bukanlah perkara mudah. Namun, keluarga S7 ini pede menatap pasar dengan seabrek keunggulannya. Termasuk menggoda lewat paket penjualan dengan Samsung Galaxy Gear VR sebagai gimmick. 

Berbanderol lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S6 pada awal kemunculannya, S7 memang menggoda. Ragam fitur memang naik kelas, sehingga memang layak untuk dibawa pulang. 


1. Desain Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge design

Balutan logam tentu saja membuat Samsung Galaxy S7 Edge terlihat kokoh. Bodi lengkungannya memiliki nilai estetika tersendiri. Berbekal dimensi yang ramping dan ergonomis membuatnya nyaman digenggam. Sehingga tak perlu kewatir akan terpeleset saat digunakan untuk berkomunikasi. 

Pelapis kaca 3D yang presisi membuat Samsung Galaxy S7 Edge terlihat cantik. Apalagi bodi mulusnya berdesain unibody membuat S7 Edge terlihat seksi. Sisi feminine memang terlihat lebih kental. Tepi tak jua mengaburkan style maskulin yang elegan dan berkelas. 

Samsung Galaxy S7 Edge IP68

Proteksi dilengkapi dengan utilitas lebih canggih dan kuat. Teknologi IP68, Samsung Galaxy S7 Edge melindungi perangkat dari percikan dan terpaan debu. Kami  sengaja membasuh S7 Edge bahkan memsukannya ke dalam air. Walhasil, ponsel tetap bisa berfungsi tanpa ada gangguan sedikitpun. 

Namun, tidak diperuntukan untuk terkena percikan air laut sebab, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang signifikan dan menghanguskan garansi. Apalagi jika dipaksa untuk dibawa tenggelam saat snorkeling. 

Samsung Galaxy S7 Edge UI

Di antarmuka, Samsung menyematkan UI andalannya, yakni touchwiz UI. Tak cuma gegas, tapi memang sudah familiar dengan penguna. Sehingga bisa mudah beradaptasi karena memang dibuat user friendly. 
Samsung Galaxy S7 Edge curve

Di dukung edge panel di bagian tepi untuk beragam shortcut, Samsung Galaxy S7 Edge sangat mudah bila ingin mengakses fitur favorit.


2. Kinerja Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung memakaikan prosesor buatan sendiri untuk Galaxy S7 Edge, yaitu Exynos 8890 Octa 64-bit, octa- core. RAM diadopsi, menjadi 4 GB. Pilihan storage hanya 32/ 64 GB. Sedangkan di memori eksternal mampu menampung 200 GB.

Benchmark yang kami jajal menorehkan skor berikut: 

AnTuTu Benchmark
134.599
Nenamark
60.2 fps
Quadrant Standard
52.383
Geekbench
Single 2162

Multi 6534

Bila pada Samsung Galaxy S6 Edge+ tak meyertakan memori eksternal. Tidak hal nya dengan S7 Edge kapasitas lega ditawarkan untuk menyimpan beragam file video, foto,dan music. 

Kapasitas baterai lebih besar, yakni 3600 mAh versus 3000 mAh milik Galaxy S6 Edge+. Wajar, mengingat layar yang lebih besar membutuhkan tenaga yang lebih besar. 

Samsung Galaxy S7 Edge battery

Boros? Pasti. Tapi ada Power Mode, dengan opsi berupa Power- saving mode, dan Ultra saving mode, yang penting untuk membantu menghemat baterai. Samsung Galaxy S7 Edge juga dilengkapi kemampuan fast charging dan wireless charging. Jadi, Samsung sudah menyiapkan antisipasinya.

Dengan kondisi pemakaian banyak grup chat aktif, sering cek media social, sering cek game online, sering browsing, dan sesekali motret atau rekam video, kami mendapatkan rataan 8 – 10 jam. 

Samsung memakai UI sendiri di atas Android Lolipop. Dan seperti biasa, Samsung memasukkan banyak aplikasi khasnya. Begitupun aplikasi pihak ketiga, cukup banyak tampak di jajaran aplikasi. 

Yang paling menarik mungkin adalah sensor fingerprint. Ini membuat sekuriti lebih ketat untuk membuka handset sampai aplikasi. Repotnya adalah kita harus hard reset jika suatu saat ada masalah pada deteksi sidik jari ini. 

Salah satu pemanfaatan sidik jari ini adalah untuk verifikasi pembayaran. Ya, Samsung Galaxy S7 Edge juga disiapkan untuk Samsung pay. Sayangnya, saat ini layanannya belum diaktifkan untuk Indonesia. 

Samsung juga menyiapkan aksesori berupa Gear VR yang pastinya sangat membantu untuk menambah nuansa hiburan virtual reality. Enaknya, perangkat ini dibundle dengan paket penjualan. 

Ketika smartphone dikoneksi dengan computer via kabel data, driver langsung ter- install. Dan jika belum ada, merekomendasikan intalasi SideSync. Selanjutnya smartphone langsung dikenali, dan transfer data antar keduanya pun lancar. 

Dukung dual GSM, kedua slot nano SIM sama – sama dukung LTE. Tapi aktifnya bergantian : jika slot 1 mengaktifkan LTE, slot 2 hanya GSM, dan sebaliknya. Akses internet seluler maupun WiFi bisa di– share via hotspot. Sementara untuk wireless display, Samsung Galaxy S7 Edge tentu saja bisa menampilkan isi layarnya ke smart TV. Termasuk ke smart TV LG 42LB58.


3. Kamera Samsung Galaxy S7 Edge


Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge adopsi kamera 12 MP – dual pixel. Samsung mengklaim teknologi ini merupakan pertama. Seperti layaknya kamera professional, autofocus menjadi sangat cepat. Meskipun benda tersebut bergerak dengan akurasi gambar layaknya dilihat dengan mata sendiri. 

Samsung Galaxy S7 Edge Camera

Teknologi sensor kamera Samsung Galaxy S7 dan galaxy S7 Edge telah memiliki resolusi sebesar 1.4 Umpixel serta tingkat pembukaan diafragma lebih besar yakni F1.7. Sehingga mampu meningkatkan pencahayaan lebih besar. 

Motion Panorama adalah salah satu fitur unggulan kamera pada Samsung Galaxy S7 Edge. Menangkap foto panorama yang dihasilkan lebih dinamis dan lebih hidup. Yang suka motret pasti senang mencicipi beragam moda yang tersedia. Di kamera utama ada Auto, Pro, Selective Focus, Panorama, Video Collage, Live Broadcast, Slowmotion, Fast motion, sampai Virtual shot. 

Sementara yang senang selfie bisa jajal selfie maupun wide selfie. Ada pula Virtual shot dan Interval shot, selain Video collage dan Live broadcast. Widangle pada kamera depan mampu mengakomodasi wefie dengan leluasa. Di hasil jepretan, indoor tetap tajam meski di minim cahaya. Sedangkan outdoor kualitas foto natural dan jernih.


4. Multimedia Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung Galaxy S7 Edge didukung dengan teknologi Vulkan API, kemampuan membuka aplikasi atau permainan (games) dengan performa grafis yang berkualitas tinggi yang dapat membuat anda merasakan efek dramatis ketika bermain game. 

Samsung Galaxy S7 Edge menawarkan waktu bermain lebih lama dan sistem pendingin internal mencegah reaksi mudah panas (overheating) pada perangkat dengan beberapa aplikasi aktif. 

Sistem pendingin liquid cooling, sebuah pipa tipis yang didalamnya terdapat kandungan air diletakkan tepat di dalam Samsung Galaxy S7 Edge. Jika terjadi panas berlebih akan terbaca oleh sistem, dengan otomatis heat pipe tersebut akan menguap demi mendinginkan prosesor. 

Samsung Galaxy S7 Edge game launcher

Game Laucher, fitur tambahan baru untuk para gamer, memungkinkan Anda untuk mengelola penggunaan baterai dan mengurangi notifikasi. Selain itu, Anda dapat mengambil gambar berupa pengalaman gaming atau berbagi layar untuk bermain dengan gamer lainnya. 

Samsung Galaxy S7 Edge sound

Untuk bermusik, kualitas speaker memang ciamik. Kombinasi mind, treble dan bass mampu berharmoni dengan baik.


5. Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge

  • Rilis: Maret 2016
  • Jaringan: GSM/ HSPA/ LTE
  • Dimensi: 150,9 x 72,6 x 7,7 mm
  • Bobot 157 gram
  • Layar: Super AMOLED Capacitive Touchsreen, 16 M Colors, 5.5 inch, 2560 x 1440 pixels, ~534 ppi, MultiTouch, Corning Gorilla Glass 4
Sistem Operasi dan Hardware
  • OS: Android v6.0 Marshmallow
  • Baterai: Li-Ion 3600 mAh
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820/ Exynos 8890 Octa
  • Prosesesor: Dual-Core 2,15 GHz Kryo dan Dual-Core 1,6 GHz Kryo/ Quad-Core 2,3 GHz Mongoose dan Quad-Core 1,6 GHz ARM Cortex-A53
  • GPU: Adreno 530/ Mali-T880 MP12
Multimedia
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.7 Phase Detection Autofocus, OIS, LED Flash, Geo-tagging, 4K Video, 9 MP Image Recording, Touch Focus, Face/ Smile Detection, Auto HDR, Panorama
  • Kamera Depan: 5 MP, f/1.7, Auto HDR
  • Player Audio: Yes, MP3/ WAV/ WMA/ eAAC+/ FLAC Player.
  • Player Video: Yes, MP4/ DivX/ XviD/ WMV/ H.264 Player
Konektivitas dan Memori
  • Nirkabel: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.2, USB Host, jack audio 3.5 mm
  • Memori Internal: 4 GB RAM, 32/64 GB
  • Memori Eksternal: microSD up to 200 GB
  • Lain – lain: Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass, Barometer, Heart Rate, Sp02, SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, HTML 5, Photo/ Video Editor, Document Editor
Paket penjualan: Charger, USB Cable, Headset, ser Manual, Warranty Card


6. Harga Samsung Galaxy S7 Edge dan Daya Saingnya

Harga Samsung Galaxy S7 Edge 

No
Bulan
Harga Baru
Harga Bekas
1
April  2016
Rp 10.499.000,-
-
2
Mei 2016
Rp 10.000.000,- 
Rp 9.000.000,- 
3
Juni 2016
Rp 10.500.000,-
Rp 9.000.000,-
4
Juli 2016
Rp 9.999.000,-
Rp 9.000.000,-
5
Agustus 2016
Rp 9.850.000,-
Rp 9.000.000,-
...
......
......
.....
6
Februari 2017
Rp 9.750.000,-
Rp 9.000.000,-
Sumber: PULSA

Harga yang ditawarkan Samsung Galaxy S7 Edge tebilang premium. Banderolnya sebesar Rp 10.500.000. Dikelas yang setara terdapat Sony Xperia Z5 Premium. Seri ini dibanderol dengan harga sebesar Rp.10.625.000. selisih harganya hanya sebesar Rp.12.000. 

Kelebihan yang dimiliki oleh Sony Xperia Z5 Premium diantarnya resolusi layar dan kerapatan layarnya lebih tinggi. Resolusi kamera depan belakang nya lebih baik. Terdapat FM Radio with RDS. Serta memiliki layar dual – curve. 

Kekurangan dari Sony Xperia Z5 premium ialah teknologi 4G LTE-nya masih Cat6 300/50 Mbs. Miliki dimensi dan bobot yang lebih besar. Teknologi layarnya masih IPS LCD. OS-nya masih Android v5.1.1 Lolipop. Masih kenakan chipset Qualcomm snapdragon 810 dan GPU Adreno 430. RAM dan ROM nya lebih kecil. Bluetooth – nya masih dalam versi v4.1. Kapasitas baterainya sedikit lebih kecil. 

Selain kelebihan dan kekurangan, nyatanya antara Samsung Galaxy S7 Edge dan Sony Xperia Z5 Premium memiliki beberapa kesamaan. Diantaranya sama –sama dukung teknologi 4G LTE. Miliki sertifikasi anti air dan debu. Kapasitas memori eksternalnya dukung hingga 200 GB. 

Berpindah ke rentang harga Rp. 9.000.000. terdapat seri iPhone 6s 16 GB. Seri ini dilego dengan harga sebesar Rp 9.800.000. Meskipun perbedaan rentang harganya cukup jauh, namun secara fitur dan desain yang terdapat pada seri tersebut, membuat iphone 6s 16 GB tidak kalah jauh dengan Samsung Galaxy S7 Edge. 

Persamaan spesifikasi yang dimiliki iPhone 6s GB dengna Samsung Galaxy S7 edge  yakni kamera depan – belakangnya sama kuat dan keduanya dukung 4G LTE. 

Kelebihan yang terdapat dalam iPhone 6s 16 GB yaitu memiliki bodi dan bobot yang jauh lebih slim. Terdapat teknologi 3D Touch Display dan display Zoom. Miliki desain body yang menawan. 

Kekurangan yang dimiliki iPhone 6s 16 GB diantaranya miliki kapasitas daya yang relatif lebih kecil. Tidak memiliki slot microSD. Tidak menyertakan sertifikasi anti air dan debu. 

Lain lagi dengan Microsoft Lumia 950. Meskipun seri ini dilempar di pasar smartphone dengan harga Rp.8.500.000. Spesifikasi dan fitur yang terdapat di dalamnya mampu bersaing dengan Samsung Galaxy S7 Edge. 

Kelebihan yang terdapat dalam Microsoft Lumia 950 antara lain kerapatan layarnya sedikit lebih tinggi. Miliki teknologi layar clearblack display. Kenakan OS Microsoft Windows 10. Kekuatan kamera utamanya jauh lebih tinggi. Mengenakan Carl Zeiss optics dan pureView technology. Miliki konektivitas radio FM. Dukung konektor Type-C dan iris scanner. Bobot yang lebih ringan.

Berbicara kelebihan, pasti ada kekurangan di dalamnya. Nilai minus yang dimiliki Microsoft lumia 950 ialah dimensi yang sedikit lebih mini. Teknologi 4G LTE –nya masih Cat6 300/50. Masih kenakan Corning Gorilla Glass 3, Chipset Qualcomm Snapdragon 808, RAM 3 GB, Bluetooth v4.1, dan GPU Andreno 418. Kapasitas baterai yang sedikit lebih mini. 


Pendapat Kami

Ponsel super dengan desain cantik memang kombinasi sempurna. Samsung Galaxy S7 edge mewujudkannya. Tinggal siapkan kocek lebih untuk membawanya pulang.
+  kamera mantap ; desain cantik ; multimedia jempolan
-  tidak punya radio 


EmoticonEmoticon