Review Samsung Galaxy S7, Kinerja dan Kameranya Juara

Duo ponsel ini menghebohkan pasar, yaitu Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Sebelumnya telah dibahas review Samsung Galaxy S7 Edge, kini saatnya mengulik Samsung Galaxy S7. Hanya ada sedikit perbedaan di sisi luarnya, sedangkan jeroannya sama persis. Layar Samsung Galaxy S7 Edge tampil lebih lega dengan pinggiran layar melengkung. Namun, layar Samsung Galaxy S7 lebih tajam. Baterai S7 lebih kecil (3000 mAh) dibanding S7 Edge (3600 mAh). 

1. Desain dan Layar Samsung Galaxy S7 

Samsung Galaxy S7

Desain adalah masalah selera. Namun bicara material, tak ada plastik di sini. Semua bagian berbahan metal kokoh, termasuk tombol-tombolnya. Dengan mode one-handed, digenggam dengan satu tangan juga tetap nyaman. 
Samsung Galaxy S7

Tombol fisik ada di bawah layar, yaitu tombol Home sekaligus Fingerprint. Di sebelahnya, ada tombol haptic Back dan Multitasking. Ada dua slot nano simcard, slot ke -2 bisa bergantian dengan microSD. Layar super AMOLED yang tajam dan cemerlang bisa dinikmati berlama-lama tanpa terasa lelah. Responnya juga gesit dalam berbagai kondisi. Tak heran, mengetik cepat terasa mudah dan nyaman tanpa salah pencet.


2. Antarmuka Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 UI

Samsung Galaxy S7 ini sudah  di bekali Marshmallow. Selain lebih mudah digunakan, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan, Marshmallow lebih hemat daya, terutama pada kondisi standbay. Galaxy S7 sudah mendukung Android Pay untuk kemudahan pembayaran, meski saat ini belum bisa dipakai. Sensor sidik jari juga lebih optimal. Fitur App Permission bisa mengatur ijin sebuah aplikasi, agar kebutuhan memori tetap terjaga.

Sayangnya, ukuran sistem Marshmallow dan touchWiz UI Galaxy S7 ini terbilang besar (7.19 GB), sehingga menguras memori internal yang hanya 32 GB. Samsung S Health bisa memantau kondisi kesehatan, dengan mengukur detak jantung, serapan oksigen dan tingkat stress. Ini bukan hanya aplikasi, tapi bisa berfungsi karena ada sensornya.


3. Audio Samsung Galaxy S7

Lewat speaker mono, lagu jernih dengan vocal natural terdengar enak didengar. Memang tak cukup keras jika didengar di ruang publik. Pendongkrak suara baru aktif jika earphone dipasang. Ada equalizer manual 7 kanal, ditambah UHQ Upscaler, Surround, Tube Amp Pro, dan Concert Hall untuk meningkatkan kualitas lagu yang diputar. Ada lagi fitur Adapt Sound yang akan memilih pengaturan audio yang paling pas untuk Anda. Sayangnya tak ada radio FM sebagai alternative hiburan.


4. Kamera Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 Camera

Kamera menjadi fitur jagoan dari dua Galaxy S7 ini. Setelah desain keren, kinerja kencang, audio mantap, maka kualitas kamera tampak menjadi prioritas bagi Samsung. 

Resolusinya biasa saja, hanya 12 MP dan 5 MP. Namun, di baliknya, segudang teknologi canggih kamera dibenamkan. Yang pertama adalah bukaan lensa besar, yaitu f/1.7, yang mampu menangkap cahaya lebih banyak. Ukuran piksel juga diperbesar (1.4 µm). Hasilnya, cahaya masuk dapat diterima lebih baik oleh sensor dan mengurangi bintik – bintik (noise). 

Samsung Galaxy S7 Camera feature

Menu kameranya cukup lengkap. Selain fitur standar seperti White Balance, Timer, HDR, banyak efek filter unik tersedia. Yang paling menarik adalah menu Pro, dengan pengaturan ISO 50 hingga 800, pengaturan kecepatan dari 1/24 ribu hingga 10 detik, ditambah focus auto atau manual. 

Samsung Galaxy S7 Camera

Bukan sekadar fitur tambahan, menu Pro ini benar – benar bekerja dengan baik, layaknya kamera digital. Namun belum bisa disamakan dengan kamera digital, karena bukaan tak bisa diatur, dan dipatok tetap di f/1,7. 

Samsung sudah menyiapkan aplikasi kamera untuk mendongkrak hasilnya. Ada Sport Shot, Beauty Face, Rear – Cam Selfie, Animated GIF, Suroound Shot, dan Dual Camera. Semuanya bisa didownload gratis dan dibuat khusus oleh Samsung. 

Kamera Samsung Galaxy S7 dibekali teknologi Super Fast Autofocus (dua Pixel), yang bisa di pakai di kamera DSLR. Fitur ini membuat semua pikselnya bekerja seperti mata manusia saat melihat benda. Maka autofocus terasa sangat cepat untuk mendapatkan gambar yang tajam, bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. 

Fitur Panorama ada di setiap kamera. Namun di Galaxy S7, fitur ini lebih maju dengan Motion Panorama. Mampu merekam objek bergerak dalam mode panorama, objek yang terekam akan di simpan sebagai sebuah video, selain tentu saja berupa berupa foto Panorama. Hasilnya, foto panorama yang lebih hidup. 

Samsung Galaxy S7 Camera

Fitur Hyperlapse alias Time Lapse bisa merekam aktifitas panjang menjadi pendek. Kita bisa merekam foto dalam waktu lama, misalnya pergerakan awan seharian penuh. 

Setelah selesai, rangkaian foto bisa dijalankan dan membuat sebuah tampilan video yang sangat menarik. Bisa ditentukan jumlah foto yang otomatis diambil per menit, yaitu Auto, x4, x8, x16, dan x32. Makin besar jumlah yang di pilih, video makin halus meski ukuran file makin besar. 

Kami merekam orang yang sedang melukis dari awal hingga selesai. Objek menarik lain yang biasa direkam adalah bunga yang akan mekar, deburan ombak di pantai, atau suasana menjelang matahari terbenam (sunset). Kendala besarnya data terekam yang biasanya muncul di mode Time Lapse, berhasil di atasi Samsung, sehingga total data menjadi kecil, dengan kualitas lebih baik. 

Menurut pihak Samsung, di Galaxy S6, video resolusi HD besarnya adalah 90 MB per menit. Di galaxy S7 ini, video Full HD besarnya hanya 5 – 31 MB per menit. 

Sebaliknya, kita juga bisa berkreasi dengan video Slow Motion. Kami merekam gerakan anak memakai handuk putih dengan gerakan melingkar dan mengaktifkan fitur Slow Motion. Hasilnya sungguh menarik, gerakan perlahan terlihat indah dengan detail yang tetap terekam tajam. 

Guncangan selama pemotretan mudah merusak hasil foto atau video, namun Samsung Galaxy S7 punya fitur Optical Image Stabilizer (OIS) dan Video Image Stabilizer (VIS), yang memang bisa mengurangi guncangan, baik karena tangan pemotret maupun suasana sekitarnya. 

Kami mencoba merekam foto dan video sambil berjalan normal, bahkan naik tangga. Hasilnya, foto dan video tetap stabil dan tajam, tanpa gejala kabur yang biasa ditemui pada kamera yang bergerak. 

Ingin menunjukan suasana sebuah tempat indah, atau konser musik? Pakai fitur live Broadcast yang tersedia, lalu login ke you tube. Maka rekaman video kamu bisa dinikmati siapa pun. Tentu saja dibutuhkan akses internet cepat untuk mengirimkannya. 

Fitur Virtual Shot membantu merekam sebuah benda dalam 3 dimensi. Aktifkan dan potret objek berkeliling sesuai tanda panah yang muncul. Setelah jadi, cukup gerakkan ponsel ke kanan dan kiri untuk melihat sisi – sisinya. Objek akan terlihat jelas dari segala arah. Cara ini berguna untuk menjelaskan produk secara online. 

Saat memotret makanan, biasanya ada satu bagian kecil yang di tonjolkan karena paling menarik. Dengan fitur Food, hal itu mudah dilakukan.  Titik fokus berupa lingkaran bisa dipindah – pindah dengan mudah. 

Sangat menyenangkan mengeksplorasi kemampuan kamera Samsung Galaxy S7 ini. Kami mencoba kamera dalam kondisi cahaya sangat redup. Dengan memilih ISO 50 agar foto tajam dan tidak noise, dan kecepatan shutter hingga 10 detik, maka objek yang hanya di terangi lampu 4 watt tetap bisa tampil terang, tajam dan warna yang bagus. Noise juga sangat rendah. 

Untuk memotret kecepatan lambat, kamera memang harus dipegang erat. Namun tak harus pakai tripod, cukup sandarkan ke sesuatu yang kokoh dan gunakan timer. Maka foto terang, tajam dengan noise rendah bisa didapatkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Saat dicoba, bukan 1/800 detik bisa membekukan pancuran air dari kran dengan baik dan tajam. 

Situasi menantang saat sore hari turun hujan, langit mendung, kami memotret kucuran air yang turun. Memilih ISO 400 dan shutter 1/6000, percikan air tetap bisa direkam dengan tajam. kami juga sempat bereksperimen memotret kilatan cahaya kendaraan yang lewat. Dengan bukan 10 detik dan ISO 50, goresan warna – warni cahaya kendaraan yang lewat terekam dengan baik. 

Fitur HDR bekerja sangat cepat, nyaris tak beda dengan memotret tanpa HDR. Hasilnya juga memukau. Objek berkontras sangat tinggi, yaitu tembok yang di terangi sinar matahari sangat terang, berdampingan dengan bayangan benda, semuanya bisa tampil jelas. Tak berlebih cahaya, tak juga terlihat gelap. 

Foto selfie bisa dilakukan dengan baik, bahkan dalam kondisi cahaya redup. Tak ada flash depan, namun ada fitur screen flash yang akan menerangi wajah dengan cahaya terang namun lembut. Ini mirip pemakaian reflector dalam fotografi. Hasilnya, wajah foto selfie tampil lebih halus dan merata.


5. Kinerja Samsung Galaxy S7 

Berbekal Chipset Exynos 8890 Octa Core 2.60 GHz buatan Samsung sendiri, tak ada yang dikhawatirkan. Semua aplikasi berjalan mulus, termasuk game – game berat. Multitasking lancar saat membuka belasan aplikasi sekaligus. 

Hasil Uji terhadap Samsung Galaxy S7
AnTuTu v6
: 129716
Quadrant Standard
: 57819
Nenamark 2
: 59.2
Linpack
: 658.3
Geebench
: 2101 (Single)

  6458 (Multi)

Namun, setelah dipakai memotret agak lama, bodinya terasa panas, mencapai 40.6 derajat celcius. Jadi kurang nyaman dipakai memotret berlama – lama. Baterainya masih terbilang memadai karena bisa bertahan seharian dengan pemakaian cukup intensif. 

Memegang sertifikasi IP68, Galaxy S7 terasa tangguh, mampu menahan rembesan air saat terpercikan, kehujanan bahkan direndam dalam air sekalipun. Kami mengajak Galaxy S7 berenang dan menyelam di kolam berkedalaman sekitar 1 meter. 

Foto – foto bawah air yang jernih mudah di dapat. Kendalanya hanya layar sentuh menjadi tidak bekerja saat berada dalam air. Sebagai gantinya, bisa digunakan tombol kamera fisik yaitu tombol volume. Jadi sebelum menyebur ke air, segala pengaturan kamera harus sudah dipersiapkan. 

Tapi perlu di ingat, ketahanannya hanya di air tawar, bukan di air laut. Karena bersifat korosif, garansi untuk Galaxy S7 tak akan berlaku jika dibawa snorkling di laut. 


6. Spesifikasi Samsung Galaxy S7

  • Rilis: Maret 2016
  • Jaringan: Dual GSM Aktif, Quadband GSM, HSPA+, 4G LTE
  • Dimensi: 142,4 x 69,6 x 7,9 mm, 152 gram
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh
  • Layar: Super AMOLED Capacitive Touchscreen 5.1 inci, 1440 x 2560, 577 ppi
  • Sensor: Fingerprint, Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass, Barometer, Heart Rate, Sp02
Sistem Operasi dan Hardware
  • OS: Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset: Exynos 8890 Octa
  • Prosesor: Quad-Core 2,3 GHz Mongoose + Quad-Core 1,6 GHz ARM Cortex-A53
  • GPU: Mali-T880 MP12
Multimedia
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.7, 26 mm, Phase Detection Autofocus, OIS, LED Flash, Geo-tagging, 4K Video, 9 MP Image Recording, Touch Focus, Face/ Smile Detection, Auto HDR, Panorama
  • Kamera Depan: 5 MP, f/1.7, 22 mm, dual video call, Auto HDR
  • Player Audio: Yes, MP3/ WAV/ WMA/ eAAC+/ FLAC Player.
  • Player Video: Yes, MP4/ DivX/ XviD/ WMV/ H.264 Player
Konektivitas dan Memori
  • Nirkabel: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual band, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.2, USB Host, jack audio 3.5 mm
  • Memori Internal: 4 GB RAM, 32/64 GB
  • Memori Eksternal: microSD up to 200 GB
Messaging: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Lain – lain: OneDrive, SNS integration, Si Lime, S Planner, Samsung Gear, S Helath, S Voice, Galaxy Apps, Voice Recorder, Skype, Word, excel, PowerPoint, neNote, NFC, MirrorLink, One-handed operation, Easy Mode
Paket penjualan: Ponsel, Baterai, Charger, USB Cable, Earphone, Manual, Warranty Card


7. Harga Samsung Galaxy S7 dan Daya Saingnya 

Harga Samsung Galaxy S7

No
Bulan
Harga Baru
Harga Bekas
1
Mei 2016
Rp 8.700.000,- [PULSA]
Rp 8.000.000,- [PULSA]
2
Juni 2016
Rp 8.400.000,- [PULSA]
Rp 7.800.000,- [PULSA]
3
Juli 2016
Rp 8.500.000,- [PULSA]
Rp 7.800.000,- [PULSA]
4
Agustus 2016
Rp 8.400.000,- [PULSA]
Rp 7.800.000,- [PULSA]
....
..........................
5
Februari 2017
Rp 8.500.000,- [PULSA]
Rp 7.800.000,- [PULSA]





Untuk mengetahui harga Samsung secara lengkap semua tipe, silahkan kunjungi Daftar Harga HP Samsung Terbaru.

Secara resmi dibandrol Rp 8,7 juta, kelas harganya hanya diisi oleh iPhone 6 16GB. Lawan yang sebanding, baik kinerja maupun kualitas multimedianya. Skor uji Galaxy S7 memang lebih tinggi, namun IPhone 6 mampu memberikan pengalaman berbeda.

Silahkan kunjungi pula Review Samsung Galaxy S7 Edge

Pendapat Kami

Kinerja mumpuni di semua ini, membuatnya layak dimiliki. Namun selain harga tinggi, kelemahannya patut di cermati. Berikut kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S7:
+ Kinerja kencang, bodi kokoh, kamera mantap. 
- Harga tinggi, file system berukuran besar, bodi panas jika di pakai memotret agak lama


EmoticonEmoticon