DomiNations, saingannya COC yang layak dimainkan

Bagi Anda yang menyukai game RTS (Real Time Strategy) tentu mengenal Rise of Nation, salah satu game legendaris keluaran 2003. Kini developernya, yaitu Big Huge Games bekerjasama dengan Nexon dari Korea membuat game versi mobilenya yang bisa dimainkan di Android dan iOS, yang bernama DominNations.

Nexon sendiri bukan pemain baru. Jika Anda suka bermain Dragon Nest, Lost Saga, Counter-Strike Online, dll, Nexon adalah developer dan publihernya. 


Ketika Anda memainkan Dominations, maka akan akan merasa nostalgia dengan Rise of Nations, Age of Empire dan Civilization yang dikombinasikan dengan Gameplay seperti Clash of Clans (COC). Jadi, bagi Anda yang suka main COC, tidak akan asing ketika memainkan Dominations. 

Namun, tetap saja keduanya berbeda. Dominations menawarkan lebih banyak variasi (tidak ada yang lebih baik atau jelek, keduanya sama2 bagus tinggal selera kita saja) seperti misalnya kita bebas memilih bangsa apa yang mau dimainkan, semuanya ada 8 negara yaitu Chinese, British, French, Germans, Greeks, Japanese, Romans dan Koreans. Setiap negara memiliki perbedaan baik dari tampilan bangunannya, pasukan uniknya, atau kemampuan khususnya. 

Bisa Berburu

Selain itu resource yang dipakai lebih realistis (no offense) yaitu food dan gold. Cara mendapatkannya bisa dari farm untuk food serta caravan dan road untuk gold. Itu cara yang pasif, akan berjalan terus sepanjang waktu. Kita juga juga bisa aktif berburu rusa, babi hutan (food),  kelinci, fox dan beruang (gold) ketika pekerjanya lagi nganggur.


Selain itu, ketika bermain kita diharuskan membuka lahan/ hutan dimana didalamnya bisa kita temukan gold, food, harta karun, reruntuhan, pasukan mercenary, dll, layaknya dalam sejarah nyata.


Perbedaan Istilah


Ada kemiripan antara Dominations dengan COC, hanya nama atau istilah saja yang berbeda. Seperti misalnya Town Center (Town Hall di COC),  Peace Treaty (Shield di COC), dll. Secara fungsi adalah sama, yang membedakan hanya istilah saja. 

Selain itu ada juga World War (Clan War di COC) dengan latar peta dunia.


Lalu apakah itu berarti Dominations mengikuti COC? Sepertinya tidak, pengembangan Rise of Nation ataupun Age of Empire sudah ada jauh sebelumnya. Hanya saja karena game ini dirancang untuk mobile, jadi gameplaynya harus disesuaikan. Karena COC sudah tenar duluan, jadi mungkin terkesan kalau game ini mengikuti COC.


Bisa membangun dan memilih Wonder


Salah satu yang menarik dari game ini adalah kita bisa membangun wonder, layaknya di Rise of Nation ataupun Civilization. Masing-masing wonder memiliki efek yang berbeda. Misalnya Acropolis bisa membantu pertahan dari serangan musuh dengan mempercepat kemunculan (spawning) pasukan dari garrisons dan stables.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan kunjungi DomiNations Wonder Guide: Tips Memilih Wonder di DomiNations. Disana dibahas mengenai berbagai pilihan wonder yang bisa di bangun dan juga manfaat kombinasinya.


Perkembangan Zaman di DomiNations

Hal menarik lainnya yang ada di game ini adalah adanya perkembangan zaman layaknya di Rise of Nations ataupun Age of Empire. Jika Anda hafal betul dengan perkembangan sejarah dunia, maka tentu tidak asing dengan zaman batu, zaman perunggu, zaman besi, revolusi industri, dll. Nah di game ini didasarkan pada perkembangan zaman tersebut. Jadi sebenarnya kita belajar sejarah secara tidak langsung bukan? berikut gambaran ringkas setiap perkembangan zamannya.

Level Town Center
Nama Age
Mengacu pada
I
Dawn Age
Civilisasi manusia tahap awal
II
Stone Age
Zaman neolitik (zaman batu)
III
Bronze Age
Zaman perunggu
IV
Iron Age
Zaman besi
V
Classical Age
Zaman waktu keemasannya Yunani Kuno
VI
Medieval Age
Middle Ages di Eropa
VII
Gunpowder Age
Perang zaman modern awal ketika menggunakan artileri gunpowder
VIII
Enlightenment Age
Zaman modern mengikuti revolusi sains
IX
Industrial Age
Zaman revolusi industri sampai Perang Dunia I
X
Global Age
Zaman Perang Dunia II

Ada yang sedikit berbeda dengan COC, dimana di game ini disyaratkan untuk mencapai level experience tertentu untuk bisa upgrade Town Center (naik zaman).



Harus menggunakan strategi yang baik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, DomiNations dengan COC tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, kedua-duanya baik tinggal selera kita saja yang menentukan. Dengan segala fitur dan kelebihan yang dimiliki DomiNations ini, terasa menarik memang, namun akan membuatnya menjadi game strategi yang jauh lebih serius dan menguras otak dibanding COC. 

Pasalnya kita harus memperhatikan setiap detilnya, salah strategi lumayan fatal dampaknya. Misalnya ketika membangun wonder. Jika salah pilih, maka kita tidak bisa menggantinya (kecuali pakai Crown layaknya gem di COC, yang harganya mahal, 600 crown) dan ketika diberi pilihan (4 pilihan setiap 2 age) kita tidak bisa membangun wonder yang tidak kita pilih tersebut di age selanjutnya. Misalnya jika diberi pilihan wonder Pyramids, Acropolis, Stonehenge, Hanging Gardens, lalu kita memilih Hanging Gardens. Maka kita tidak bisa membangun Pyramids, Acropolis, ataupun Stonehenge di age selanjutnya.

Demikian pula halnya dengan pemilihan Nations, harus sesuai dengan Style Anda. Misalnya jika lebih suka bermain bertahan pilihlah Japanese, jika lebih suka membangun pilihlah Greeks, jika lebih suka bermain menyerang pilihlah Romans. Untuk yang suka bermain menyerang sebenarnya banyak pilihan hanya gaya penyerangannya yang berbeda, seperti romans dengan jumlah pasukannya lebih banyak, French dengan waktu trainnya yang lebih singkat dan pasukan kudanya yang tangguh, German dengan vandal, bonus attack dan rally-nya, British dengan bonus extra loot dan Longbowmannya, koreans dengan Hwarangnya. 

Namun sebenarnya kita bisa ganti Nations di waktu tertentu dengan menggunakan Crown yang mahal (600 crown).

Apakah ini bisa disebut sebagai kelemahannya? Saya rasa tidak, tergantung bagaimana cara Anda melihatnya. Saya sendiri sangat suka dengan game strategi, khususnya RTS, jadi DomiNations lumayan asyik. Namun jika ingin game strategi lebih simpel COC menjadi pilihan menarik (mungkin kurang pas jika disebut simpel, hanya saja dari gameplay-nya lebih enak dimainkan, tidak terlalu ribet), apalagi kalo udah menjadi fans beratnya COC pasti susah move on nya, haha...

Hanya saja, yang seringkali menjadi keluhan terhadap game ini adalah spesifikasi HP yang digunakan harus cukup, disarankan minimal RAM 1 GB (ya meski belum nemu penjelasan resminya). Penggunaan baterai juga lumayan boros. 

Berikut Teaser Trailer-nya



Bagaimana Anda tertarik memainkannya? Jika Anda penikmat RTS sepertinya wajib Anda coba deh. 


Jika ada masukan, saran atau pendapat lain silahkan berkomentar ya. Terima kasih




EmoticonEmoticon