DomiNations Wonder Guide: Tips Memilih Wonder di DomiNations

Bagi Anda yang memainkan game DomiNations, suatu saat tentu akan disuruh memilih wonder. Setiap wonder memiliki efek yang berbeda satu sama lain. Sehingga wonder yang Anda bangun akan menentukan arah permainan Anda kedepannya, jadi jangan salah pilih ya.

Wonder tidak bisa dibangun di setiap Age dan tidak bisa diganti

Membangun wonder tidak bisa dilakukan di setiap Age. Kita bisa membangun wonder ketika mencapai Bronze Age, Classical Age, Gunpowder Age, Industrial Age, dst. Pada Age tersebut, kita hanya diizinkan membangun satu wonder dari 4 pilihan. 3 Wonder yang tidak kita pilih tidak akan bisa bangun di Age selanjutnya. 


DomiNations Wonder

Wonder yang sudah kita bangun tidak bisa diganti atau dirubah, kecuali menggunakan crown yang tentu harganya mahal yaitu 600 crown. Crown ini mungkin bisa disamakan dengan gem di COC, hanya saja crown tidak bisa digunakan untuk menambah pekerja. Pekerja bisa dihasilkan dengan membuat house (di Age tertentu).


Beberapa pilihan Wonder

Pilihan Wonder di DomiNations ini ada banyak, sehingga pembahasan lengkapnya dipisah menurut Age ya. Penjelasannya bisa diakses dengan menggklik Age atau jenis wondernya langsung. Berikut beberapa diantaranya:

Age
Wonders
Acropolis
Acropolis
Hanging Gardens
Hanging Gardens
Pyramids
Pyramids
Stonehenge
Stonehenge
Colosseum
Colosseum
Forbidden City
Forbidden City
Notre Dame
Notre Dame
Terra Cotta Army
Terra Cotta Army
Angkor Wat
Angkor Wat
Taj Mahal
Taj Mahal
Temple of Tikal
Temple of Tikal
Versailles
Versailles
Brandenburg Gate
Brandenburg Gate
Eiffel Tower
Eiffel Tower
Kremlin
Kremlin
Statue of Liberty
Statue of Liberty


Kalau diringkas, kurang lebih efeknya sebagai berikut:

  1. Acropolis: membantu pertahanan dengan mempercepat spawn-nya masukan bertahan dari garrisons dan stables.
  2. Hanging Gardens: membantu produksi resource dari fruit trees dan gold mine dengan mempercepat regenerasinya, sehingga kita bisa sering panen.
  3. Pyramids: membantu produksi food dari farm.
  4. Stonehenge: membantu produksi gold dari caravan dan roads.
  5. Colosseum: membantu pertahanan dengan membuat pasukan sebanyak 8 buah.
  6. Forbidden City: seolah menjadi Town Center yang kedua, sehingga mengurangi peluang kemenangan bagi musuh.
  7. Notre Dame: memberikan diskon untuk setiap upgrade unit dan riset di Library.
  8. Terra Cotta Army: memberikan pasukan (20 unit) setiap harinya + menambah hitpoint barrack dan castle.
  9. Angkor Wat: meng-heal pasukan bertahan yang berada di dekat wonder ini + memberi bonus 3 trade good setiap harinya.
  10. Taj Mahal: meningkatkan loots yang bisa diambil dari musuh dan memberi pasukan mercenary yang random setiap harinya.
  11. Temple of Tikal: menambah kapasitas penyimpanan trade good, serta me-refund resource yang telah diambil musuh.
  12. Versailles: menambah hitpoint pasukan bertahan dan memperlambat pergerakan musuh yang berada di dekat wonder ini.
  13. Brandenburg Gate: memberikan kempuan Blitzkrieg Tactic ketika menyerang dan meningkatkan attack pasukan dari factory.
  14. Eiffel Tower: memberikan peace treaty setiap seminggu sekali dan menambah kapasitas storage food dan gold.
  15. Kremlin: meningkatkan pertahanan dengan memperkuat wall yang berada di dekat wonder dan juga akan memuncul pasukan ketika farm hancur.
  16. Statue of Liberty: memberi bonus oil sebanyak 20% setiap harinya dan meningkatkan attack pasukan udara (Biplane and Zeppelin) sebesar 20%.

Kombinasi Wonder

Ini salah satu hal yang menarik dari game DomiNations, kemampuan wonder yang berbeda - beda bisa kombinasikan untuk tujuan tertentu. Misalnya ingin menjadi pemain yang super offensive atau super deffensive atau juga bisa hanya untuk membantu keperluan resource. Berikut beberapa diantara kombinasi yang bisa dilakukan. Mungkin masih banyak kemungkinan yang bisa kita buat.

1. Membangun pertahanan yang kuat

Kombinasi yang bisa dilakukan untuk memperkuat pertahanan ada banyak pilihan, salah satunya adalah Acropolis (Bronze Age) + Colosseum (Classical Age)Angkor Wat/Versailles (Gunpowder Age) + Kremlin (Industrial Age).

Acropolis mempercepat spawn pasukan bertahan termasuk yang berasal dari Colosseum. Namun tentunya Colosseum harus berada dalam jangkauan Acropolis. Nah pasukan tersebut bisa di heal dengan Angkor Wat. Atau bisa juga dinaikan hitpoint-nya oleh Versailles. Untuk memperkuat wallnya ada Kremlin. 


2. Menjadi penyerang yang kuat

Salah satu kombinasi yang bisa dilakukan adalah Acropolis (Bronze Age) + Notre Dame/ Terra Cotta Army (Classical Age)Taj Mahal (Gunpowder Age) + Brandenburg Gate/ Statue of Liberty (Industrial Age).

Ketika Bronze Age mungkin tidak ada pilihan yang cocok untuk keperluan attack, namun supaya lebih balance antara kemampuan menyerang dengan bertahan  bisa digunakan Acropolis. Ketika memasuki Classical Age kita bisa memilih Notre Dame untuk mendiskon upgrade pasukan dan riset di Library atau Terra Cotta Army kalau ingin mendapat pasukan gratis setiap harinya.

Ketika memasuki Gunpowder Age kita bisa pilih Taj Mahal supaya loot yang bisa diambil dari musuh bisa lebih banyak. Dan terakhir kita bisa membangun Brandenburg Gate ketika memasuki Industrial Age untuk men-disable garrison atau stable musuh. Pasukan yang berasal dari factory juga meningkat nilai attacknya dengan Brandenburg Gate ini. Alternative lain adalah Liberty untuk meningkatkan attack pasukan udara.


3. Meningkatkan produksi resource

Sepertinya untuk alasan ini pilihannya jauh lebih banyak, misalnya: Hanging Gardens/ Pyramids/ Stonehenge (Bronze Age) + Forbidden City (Classical Age) Angkor Wat/ Temple of Tikal (Gunpowder Age) + Eiffel TowerStatue of Liberty (Industrial Age).

Ketika Bronze Age, pilihannya ada banyak, tergantung resource mana yang mau Anda maksimalkan. Food? pilihlah Pyramids (hanya untuk farm). Atau gold? pilihlah Stonehenge (hanya untuk caravan dan road). Atau bahkan keduanya? pilihlah Hanging Gardens (hanya untuk fruit tree dan gold mine).

Ketika memasuki Classical Age, tidak ada wonder yang membantu produksi resource. Tapi ada Forbidden City yang memberi tambahan penyimpanan resource.

Di Gunpowder Age, kita bisa pilih Angkor Wat untuk mendapatkan trade good (Cider, Diamonds, Fur, Leather atau Metal) sebanyak 3 buah setiap harinya. Namun, jika Anda hanya ingin penambahan kapasitas penyimpanan trade good pilihlah Temple of Tikal. Sebenarnya akan menjadi kombinasi yang mantap kalau saja kedua wonder ini bisa dibangun sekaligus.

Di Industrial Age, kita bisa memilih Eiffel Tower untuk mendapatkan tambahan kapasitas penyimpanan food dan gold. Selain itu kita juga bisa mendapat peace treaty sehingga aman dari pencurian hehe.  Alternative lain adalah Statue of Liberty untuk mendapatkan oil tambahan.

Pembahasan wonder untuk setiap Age-nya ada di link berikut (sama dengan link yang ada di tabel atas)
Bagaimana, Anda sudah memutuskan akan membangun wonder mana saja? Hati - hati jangan sampai salah pilih ya. Apalagi kalau alasannya hanya karena bentuk wonder-nya. Bisa menyesal nantinya.

Tulisan ini masih belum sempurna, mungkin ada pendapat lain yang jauh lebih baik. Maka dari itu silahkan berkomentar jika ada pendapat lain. Terima kasih



EmoticonEmoticon